FREQUENTLY ASKED QUESTIONS
Proses Penyimpanan Data Tidak Dapat Dilakukan !
Solusi
Silahkan diperiksa antara email atau nomor identitas (misal npwp) atau username sudah sudah digunakan oleh user yang lain. Buatlah username yang uniq agar tidak ada yang menyamai. Kemudian untuk alamat email atau npwp yang sudah dipakai, bisa dicek di menu Cek Status Pendaftaran.
Tidak Bisa Menerima Email Data Pendaftaran atau Data Aktivasi atau Data Recovery
Solusi
Jika anda telah melakukan pendaftaran user dan tidak segera menerima email balasan yang berisi username, password, pin dan link aktivasi silahkan klik menu Request Kode Aktivasi di samping. Setelah itu jika tidak juga menerima email balasan pendaftaran user, Silahkan periksa sistem filter email di perusahaan anda untuk memastikan sistem email Anda dapat menerima email dari kami yang beralamat di registrasi@customs.go.id. Kami juga melampirkan attachment file pdf yang berisi cetakan username dan password.
Link Aktivasi Tidak Valid
Solusi
- Jika anda mengakses link aktivasi dengan cara copy paste link dari email ke address bar di browser, pastikan tidak a ada data yang tertinggal. Cara yang paling aman adalah klik kanan link dan copy link location
- Cara yang kami sarankan adalah klik langsung dari isi email pemberitahuan aktivasi user untuk membuka halaman aktivasi tanpa copy paste ke address bar di browser
Alamat email pendaftaran salah
Solusi
Jika anda keliru mengisikan alamat email pendaftaran sehingga mengakibatkan anda tidak bisa menerima email aktivasi seperti misalnya email anda sudah tidak valid atau lupa passwordnya, silahkan sampaikan permasalahan ini ke alamat pada link "Hubungi Kami"
Kombinasi Username dan Password Tidak Sesuai
Solusi
Pastikan pengisian username dan password sudah benar. Huruf besar dan kecil sangat berpengaruh. Jika dalam pendaftaran user anda mengisikan ada huruf besar dan kecil, harap diperhatikan pengisian username dan password agar tidak salah.
Perekaman User Operasional Tidak Berhasil
Solusi
Sama seperti proses pendaftaran user, kegagalan pembuatan user tidak jauh dari username atau email yang sudah dipakai sebelumnya oleh orang lain. Jadi solusinya silahkan buatlah username dengan email yang unik yang tidak dipakai orang lain.
Tidak Bisa Melakukan Registrasi NIK Karena Jenis Identitas Bukan NPWP
Solusi
Jika Anda melakukan pendaftaran user di sini dan bermaksud untuk melakukan registrasi kepabeanan, sementara Anda salah memilih dan mengisi nomor identitas misalnya diisi dengan KTP atau SIM atau lainnya, hal yang dapat anda lakukan adalah:
- Mengedit data identitas user setelah sign in. Kami menyediakan menu edit data profil user. Dalam menu ini Anda dapat mengupdate data seperti nama, jenis identitas, alamat dan lainnya.
- Selain cara di atas, hal lainnya adalah membuat user turunan. Biarkan nomor identitas Anda seperti saat ini (KTP/SIM/Lainnya). Anda dapat membuat user turunan dengan nomor identitas berupa npwp 15 digit yang dipersyaratkan harus valid ketika akan mengakses aplikasi Registrasi Kepabeanan.
Jika Data User Hilang dan/atau Tidak Dapat Diakses Karena Petugas / Karyawan Sudah Ganti atau Resign
Solusi
Silahkan ajukan surat ke Kantor Bea Cukai (Kantor Pusat) untuk mengajukan permohonan data-data user Portal dengan disertai identitas perusahaan yang benar dan alasan data user hilang atau tidak dapat diakses.